Rabu, 29 Desember 2010

Book Magz dan Serpihan Masa lalu



Oleh: Kiki Masduki

Ehm …gue acungin 4 jempol dah buat bukunya Shofwan Al- Banna yang berjudul “ 100% Dakwah Keren “. ( 4 jempol ? gak salah tuh ? ). Ya nggak lah, kan 2 jempol tangan, 2 jempol kaki, hehe. (Ih jorok ). Biarin. Abis gimana lagi ? tuh buku emang keren abis. Gak cuma jual tampang doang. Isinya Subhanalloh banget. Mampu menghempaskan ingatan gue pada serpihan- serpihan kejadian 6 tahun yang lalu. Disaat gue dengan susah payah mengepakan sayap dakwah bersama sahabat terkasih di SMAN 1 Panawangan yang sangat gue cintai.

Bahasanya yang gue banget menjadikan bahasan yang lumayan njelimet tersebut menjadi cukup ringan. Jadi deh baca buku serasa baca majalah. ( BOOK MAGZ getoo ). Beneran lho ! Sumpah ! Bukunya Shofwan Al- Banna ini ngebuat hati gue jadi gerimis mengundang. ( Cieee…) Rindu akan keindahan masa- masa itu. Masa dimana rasa persaudaraan sesama anggota Ikatan Remaja Masjid ( Irmas ) bernaung indah dibawah ukhuwah islamiyah yang terjalin sangat erat.

Bukannya tanpa rintangan dakwah gue berjalan. Justru rintangan itu datang dari diri para siswanya. Pihak sekolah telah ngebangun Masjid yang kokoh dipojok belakang sekolah, eh malah di terlantarin. Anak- anaknya sangat sedikit sekali waktu itu yang sadar akan pentingnya dakwah dan mau berjuang. So, dengan sekuat tenaga pada akhirnya gue bisa ngomandoin sohib- sohib SMA buat aktif di Irmas. Hasilnya ? Irmas SMAN 1 Panawangan sedikit lebih maju dan dapat di perhitungkan. Alhamdulillah ya Robb …Tak hanya struktur organisasi yang mulai berjalan. Gue pun nyiptain satu Mars kebanggaan anak- anak Irmas. Abisnya gue bete banget. Sangat. Masa Paskibra dan PMR aja punya mars, anak Irmas kagak ? tengsin kan ?.Selain itu juga kini mulai ada yang namanya pelantikan Irmas dengan sangat resmi sambil penyematan pin Irmas hasil kreasi sohib deket gue, syukron akhi…

Bener kata Shofwan pada halaman 81, bekal kedua seorang Da’i yaitu musti sabar dalam dakwahnya. Tidak menghentikan dan tidak bosan. Hhhhhh…..kalo aja waktu itu gue nyerah dan gak sabar, mungkin gue udah pindah sekolah. ( ampe segitunya ? ) ho oh…Coz, bertahun –tahun gue hidup di lingkungan yang nuansa keislamannya kental, harus nerima kondisi yang apa adanya. Masjid kotor, jarang ada yang adzan, solat dzuhur gak kompak, malahan gue sempet liat ada kakak kelas yang seenaknya naik ubin masjid pake sepatu. Terus lagi masjid menjadi tempat mojok favorit anak- anak yang lagi terserang virus merah jambu .( anak- anak ? masa’ ?) hmm…siswa- siswinya maksud gue, he. Kebayang gak seh sakitnya hati gue nyaksiin semua kondisi itu ?

Pernah sekali waktu, pas gue sedang duduk manis di kursi guru yang tepat berada di pinggir pintu masuk, lewat seorang cewek cantik didepan gue. Tampang sih cantik, tapi kata- katanya bikin gue makan ati, sakit banget. (ooooooh kasian, emang dia bilang apa?….). Dia bilang, “ sok Ustadz lho…!!”, sabar…sabar….mending jadi sok Ustadz daripada sok koruptor, iya gak ?. Belum lagi kebiasaan gue yang ogah salaman dengan lawan jenis menambah panasnya suasana.

Karena kebiasaan yang sudah ditanamkan sejak kecil dalam keluarga itu, sampe ada seorang cewek yang bikin surat dalam secarik kertas. Asli . isinya nohok banget. Dia nulis begini, “ Ki, kenapa sih loe gak mau salaman ma cewek ? emang loe anggap cewek itu makhluk apaan ? najis ? neraka gitu ? “ Busyet dah, gue ngurut dada aja. ( Kalo ngurut pala namanya pusing Mas ). Iya gue tahu. Ya udah gue jelasin aja kalo gue ogah salaman dengan lawan jenis itu bukannya nganggap cewek tu neraka. Justru gue nganggap bahwa cewek itu surga yang harus di jaga kesuciannya. Jangan ampe tercemar dengan tangan- tangan jahil yang tidak halal baginya. Finally, waktu gue naik kelas ke XI IPS 1, gue nemuin alasan jitu biar gak nyakitin makhluk paling lembut itu. Mau tau ? lumayan buat solusi. Kalo akhi dan ukhti pengikut ummat nabi Muhammad SAW yang taat, bilangin aja,“ lagi punya wudhu, maaf “. Di jamin manjur dan gak bikin sakit hati lawan jenis. Ato bisa pake gayanya artis dalam meledek ke agungan agama kita. Grhhh....tiap kali denger kalimat ini keluar dari mulut artis bikin hati gue membara. “ Maaf, bukan muhrim “, mending kalo iya diamalkan. Taunya abis ngucapin itu nyosor juga. Pake cipika- cipiki lagi. Cape deeee…..h

Ok. Biar gak semakin penasaran, cari aja dah bukunya di toko matrial terdekat…ups, toko buku maksudnya, hehe. Dijamin akhi dan ukhti bakalan nemuin rasa buku yang berbeda. Mirip- mirip majalah gitu. Bahasanya lincah, gaul, tapi gak keluar dari topik bahasan.

O… iya satu lagi. Gue pertama kali baca bukunya Shofwan Al- Banna ini pas waktu gue gak kebagian tempat duduk di Rental Komputer. Awalnya gue bete abis…, jauh- jauh datang, eh malah penuh. Jadinya gue nunggu di depan rentalannya. Biar gak di bilang cupu alias culun punya, gue baca aja buku “ 100% Dakwah Keren “ itu. Alhamdulillah kebiasaan baik gue bawa buku kalo bepergian ternyata mampu ngilangin bete. Malah dapet ilmu yang berkah. Cuma waktu itu gue gak sanggup ngelanjutin baca. Bukan, bukan mata gue yang minusnya nambah. Gue pengen nangis aja pas baca halaman 25. Disana tertulis  dengan tinta emas, halah, enggak ding ! tinta hitam aja biasa. Hanya kalimatnya sangat luar biasa. Mampu menerangi kegalauan hati dengan samudra cahayanya yang penuh dengan kilauan.

“ Intansurullaha yansurkum wayutsabbit aqdaamakum : Jika engkau menolong (agama ) Allah. Niscaya Allah akan menolongmu dan meneguhkan pijakan kakimu “ ( QS. Muhammad [47] : 7)

Sungguh, ayat itu ngebuat hati gue bener- bener tersentuh. Gue baca berulang- ulang. Setelah itu langsung gue tutup aja tuh buku, dan malamnya gue lanjutin baca di kamar asrama pas lagi sepi. Takut ketauan alay….hehe.

So, gue ucapin terima kasih yang tak terhingga buat akhi Shofwan selaku penulis dan Pro- U Media sebagai penerbit. Thanks a lot for You……fiddunya Wal akhirah. Hanya Yang Diatas yang mampu membalas semuanya. Semoga. Amiin. To sohib- sohib gue alumnus Irmas yang pada soleh en solehah, kapan ketemuan lagi ? kangen BGT. Sueeer dah. Salam ukhuwah selalu. Love all.

Ciamis, 25 November 2010
Bangga dengan perkembangan sekolahku
Yang semakin maju.
Kabar terakhir denger- denger 7 lulusan 2010
Dapat beasiswa di universitas negeri ternama, full plus uang saku.
Selamat yaaa. Hebat !

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More