Kamis, 13 Januari 2011

Rontok!

Oleh: Tri Oktaviani

“Astaghfirullah.. Iyaiikkzzz!!! Rontok lagi!! banyak banget sumpah!!” Teriakku di dalam kamar nomer 3 di kosan ku tercinta. Tergopoh-gopoh mbak ku dateng kekamar. “ngopo tho nok? teriak ga jelas? Tuh izzazul mpe kebangun..”
“Huaa.. ini mbak, rambutku tu nah.. Rontok lagi, tambah botak aku nah.. hikzz apa gara-gara jilbabku ini po? Kan rambutnya ngga napas, ngga kena angin, ketutup mulu.. ” kataku curhat.
“Husshh!! jilbab tu ngga ada hubungannya ma rambut rontok nok, lhe wong itu tu kewajiban. Allah ngga bakalan nyuruh kita buat pake jilbab kalo ternyata jilbab itu berbahaya bagi kesehatan. Iyo ndak?” kata mbak ku sambil nge-gendong izzul yang nangis gara-gara kebangun ngedenger teriakanku. Liat izzul yang nangis kayak gitu, aku jadi berasa bersalah. Soalnya susah banget buat nidurin izzul lagi kalo dia uda bangun kayak gini, apalagi bangunnya gara-gara kaget.

“Kamu paling ngga pernah keramas tu nah. Makanya rontok. ” kata mbakku lagi sambil nenangin izzul yang nangisnya ngga berhenti-henti. Hikkzz.. tambah kenceng!
“Lhe, aku tu rajin mandi e mba..” belom sempet nerusin omongan tiba-tiba ada yang nyeletuk, “ iya, rajin mandi, tapi ga rajin keramas yo podho ae.. ” ternyata mas-ku uda nimbrung dibelakangnya mbakku sambil ngegendong izza yang nangis juga gara-gara kebangun juga ngedenger teriakanku. Hikkzz.. makin bersalah..
“Yaweslah, besok tak coba beli tonik di Mirota Kampus, sapa tau nanti manjur.”
“Ya.. dicoba ae nah. ”

Besoknya, dengan semangat 45 abis kajian rutin pagi hari di mardliyah aku langsung dah ke Mirota Kampus, nyari-nyari tonik yang kira-kira bisa buat rambutku yang bermasalah ini. Pertama-tama liad merek “E” tapi pas diliat komposisinya, kok kebanyakan alkhoholnya. Pindah merek, liad lagi merek “H” yang punya itu stylist terkenal Indonesia itu nah, yang punya salon dimana-mana, ah.. terlalu mahal. Akhirnya mataku tertuju pada salah satu tonik merek “S”, dari segi komposisi dari bahan alami dan harganya tu cukup lah buat kantong mahasiswa seperti aku ini. Aku pulang dengan hati gembira dan berdoa agar problem di hidupku ini tidak berkelanjutan. Hoho!!

sampai di kosan...
Piye nok? Wes dapet toniknya” tanya mbak ku. Izzazul lagi sibuk ngeberantakin mainan di ruang tengah.
“Udah mba, ini merek “S” apik ga? ” kataku sambil nyodorin bungkusan plastik putih isi tonik “S” itu.
Yawes, di trial dulu 1 bulan, nek ada perubahan ya lanjutin nah ”
“ Wess, Siap mba..”
Aku langsung siap keramas, cobain tonik baru, baunya? Ya Allah.. Baunya Naudzubillah.. tengik sangadh!! wah..wah.. alamat rambutku tambah rontok kie.. Hikzz..

1 bulan Kemudian-
Aku tergopoh-gopoh masuk kosan.
“Mba, ada Jogja IBF nah.. Kesana yuk?! Aku belom pernah kesanaee.. Liat-liat aja.” kataku sambil ngerayu mbak ku..
“ Husshh.. ya nanti, Izzazul lagi tidur tu nah. Nanti aja kalo mereka uda bangun.”
“ Ukkai mba.. Seepp..”
Aku berkaca lagi, melepas jilbabku yang cekak bin kecil dan ku gantungkan lagi dibalik pintu kamar. Kupandangi kaca itu, kulihat semkain tipisnya rambutku, mulai terlihat kulit kepalaku. Aku bergumam “weiikkzz.. ternyata ngga bekerja ee toniknya. ” kupandangi tonik bermerek “S” di meja riasku. Kupalingkan wajahku ke arah tempat tidur, 5 menit kemudian aku telah jatuh ke alam mimpi di pulau kasur yang hangat dan empuk.

Kupatut-patut lagi diriku di depan kaca. Rambutku indah terurai, lebat dan sehat. Kupandangi lagi. Lagi dan lagi, Alhamdulillah, ternyata toniknya cepet banget reaksinya, pikirku. Kusisir terus rambutku, dan terus kusisir, kupandangi, kukagumi, akhirnya doaku terjawab rambutku sudah kembali sepertdi dulu. Lebat, hitam, sehat dan Indah. Lamat-lamat kudengar suara lembut memanggilku “Nok, ninok...” aku masih mengagumi rambutku itu. Lama-lama panggilan itu makin keras dan disertai gedoran pintu.
“Nok!! Ninok!! kamu jadi mau ke pameran ngga?! Tu Izzazul uda bangun. Cepetan Mandi!”
Aku terbangun. Astaghfirullah, ternyata semuanya hanya mimpi. Rambut Lebat, indah, sehat dan hitam itu hanyalah mimpi. Hikzz..

Aku langkahkan kakiku ke Graha Bhakti Wanitatama. Saat itu waktu menunjukkan pukul 18.30 sambil ngegendong Izzul, aku masuk ke arena pameran buku. Dateng-dateng, aku cukup pusing dibuatnya. Banyak orang yang lalu lalang di depanku. Untuk ukuran aku yang jarang datang ke tempat-tempat ramai kayak gini, cukup pusing juga ngeliat segitu banyak orang di satu tempat. Tapi, ya maklum lah, event gede kayak gini jarang-jarang ada soalnya. Izzul udah mulai ribut. Dia pengan jalan sendiri. Huua.. aku langsung dengan sigap ngegendong izzul, aku ngga mau nanti ada pengumuman anak hilang di pameran gara-gara jalan-jalan sendiri sedangkan tantenya enak-enakan hunting buku. Hehehe..

Seperti biasanya, kalo misalnya pas ada acara kayak gini selalu ada pembagian tugas antara kau dan kakaku. Pertama, dia yang ngebawa izza sedangkan aku yang ngebawa Izzul. Nanati kita ketemu di food court. Uda biasa juga kalo pas ada acara kayak gini aku sering disangka jadi ummi-nya izzul (hello.. aku masi 19 tahun -saat itu- ya..). Tapi aku mah cuek aja, ya.. nyicil buat jadi ummi yang baik. Hehehehe... :)

Pertama-tama, kami (aku dan Izzul.red) jalan-jalan ke stand buku-buku anak. Biarin lah, dia muas-muasin dulu ngeliad buku-buku anak-anak. Baru nanti aku pembalasan ngebawa dia ke tempat buku-buku orang gede(dengan tampang antagonis). Hahaha...

Setelah puas di stand buku anak-anak dan izzul suda mulai capek dan rewel pengen minta gendong, akhirnya q gendong lah dia dan ngga sampe 5 menit dia udah tidur pulas di pundakku. Okay nie! Thats your time to walking arround in expo center. Haha..
Stand-stand yang ditawarin cukup banyak ternyata. Pilihan buku yang banyak bin murah bikin aku gelap mata. Kalo misalnya ngga nyadar kalo sebulan aku cuma dikasi jatah 300-rebu perbulan, pengen dah semua buku disana aku beli. Hehe :). Akhirnya aku sampe di salah satu stand buku yang lumayan gede. Kalo dilihat dari judulnya namanya “PRO-U Media”. Cukup banyak buku yang ditawarin. Diskon gede-gedean pula. Jadi ngiler ngeliatnya. Hikzz.. Makjegagik!! mataku tertuju pada buku yang sampulnya Subhanallah!! cantik sekali wanita itu. Dengan jilbab terjuntai dan wajah yang cantik jua. Kuraih buku itu. Judulnya cukup menarik “Makin Sehat Dengan Berjilbab” karya MH. Hanun Siregar. Kalo dipikir-pikir, kok sama ya kasusnya sama kayak aku? Uda berbulan-bulan ini aku bermasalah dengan jilbab dan rambut rontokku ini. Hikzz..

Sayangnya, buku yang aku pegang itu ngga bisa aku buka, soalnya masih ada plastiknya. Dan ngga mungkin juga kan nekat aku buka? Nanti malah dimarahin sama yang punya stand. Hikz.. setelah menimbang-nimbang beberapa lama, dan untung aja aku bawa duit dan untungnya lagi bukunya juga murah banget -cuma 17 rebu.red- langsung dah aku bawa ke kasir buat dibayar. Mantab!! kataku dalam hati. Eh.. pas lagi liat-liat buku yang lainnya sambil nunggu duit kembalian, tiba-tiba mas-nya nyeletuk
“mba, anaknya lucu!! umurnya berapa mba?!”, aku langsung mengernyitkan dahi, dalam hatiku “*^$@@#&^!!”
“wah.. ini bukan anak saya mas. Ini ponakan saya. ” kataku sambil senyum (padahal dalam hati mangkel-e pool.red)
“oh.. Afwan mba, saya kira anaknya, abis mirip.. adeknya Ganteng bin lucu soalnya ” kata mas-nya. Dalam hatiku, “Ya iya lah ganteng mas.. Lha wong tantenya aja cantik bin imut gini(narsis mode-on).”

Sampe kosan, Capek!! mbak ku juga uda capek jua. Izzazul juga uda tidur dimotor tadi, kasian sangadh mereka kena angin malam. Hikzz.. tapi tak apa lah. Sampe kosan, aku laporan sama mbak ku kalo aku beli buku “Makin Sehat Dengan Berjilbab” karangan MH. Hanun Siregar. Ini sedikit cuplikan dialogku dengan mba ani.
Nie : (muka innocent) Mba, aku habis beli buku ini nah. Judulnya Cantik dan Sehat dengan Berjilbab. Kayake pas e sama problemku sebulan ini. Katanya ada ramuan biar ngga rontok-rontok lagi katanya.
Mba Ani : (muka bijak) yawes, dibaca dulu bukunya, dipahami, dicermati dan diterapkan. Pasti ada manfaatnya kan kamu beli buku itu?
Nie : (Muka Ngantuk) Iyo mba, ni besok tak baca e.. sekarang wes ngantuk e mba. Wes.. tak tidur sek ya..
Mba Ani : Yoh.. Gek tidur nah. Jangan lupa mutaba'ah yaumiyahnya di tulis, agenda buat besok di tulis juga. Pas subuh di kasi ke mba ya. Trus, jangan lupa besok bangunin anak kos buat shalat subuh.
Nie: Siiapp 86!!

Besoknya...
Tokk..tokk.. “Mba!! Mba Ani!” aku memanggil mba ani dari balik pintu.
“Opo nok?! Jangan kenceng-kenceng, Izzazul lagi tidur.” ,katanya dari dalam kamar “wes, masuk nah.”
aku langsung masuk ke kamarnya, izzazul lagi pules tidur, mba ani lagi nge-rekap catetan pulsa-nya. Langsung dah aku nge-jogrok dikamar sambil nunjukin buku “Makin Sehat dengan Berjilbab”.
“aku uda tau mba, kesalahanku tu apa. Ternyata polaku yang ngga bagus. Aku harus ganti jilbab. Harus yang longgar, jangan yang kecil-kecil bin sempit. Ciputnya juga kudu diganti kalo uda kotor. Paling ngga 2 hari sekali diganti. Lhe, aku aja ganti ciput tu kadang sebulan sekali baru ganti. Hehehe.. trus juga keramas yang rajin, kalo ada waktu luang paling ngga sebulan dua kali creambath. Hayah.. ternyata mong ngono tok jal..” cerocosku dengan nada menyesal.
“ Lhe, tahu gitu mbok ya langsung dilakuin. Mangkane ojo jorok. Muslimah kok jorok. Wess.. sekarang jilbab-jilbabmu yang kecil-kecil itu di musium-in. Sekarang pake yang gede-gede. Nih, sebagai hadiahnya, tak kasi jilbab yang lumayan lebar. Biar rambutmu tu ngga rontok lagi. Wes ngerti tho?” kata mba ku bijak sambil nyodorin jilbab warna putih, “tu sebenere uda tak beliin dari lama, tapi baru tak kasihin sekarang. Buat belajar dulu pake yang gede-gede”. Aku tersenyum innocent sambil nerima jilbab itu. Cantik!! pas di mukaku. Hehehe

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More