Senin, 10 Januari 2011

The Great Joni


Oleh: Septian Johan Wibowo

Pagi!!
Panggil saja si pemuda ini dengan sebutan Joni. Mungkin namanya terkesan nge-wah waktu pertama kali terdengar. Tapi.. sebenernya sih… nggak juga… nggak beda jauh la sama penampilan si doi yang  (Benar-Benar Biasa)…

Okey!!! Let’s Bro!! critanya sih gini, si doi  thu cukup aktif dalam kegiatan persekolahan di sekolahnya.  Maklum la.. sebagai seorang darah muda, gejolak semangat 45 masih menggebu di dadanya. Semua kegiatan yang melibatkan jiwa dan raga, si abang ganteng ini getol banget buat ikut. Pernah, dia ikut sebuah kajian ramadhan di sekolahnya.Awalnya sih terasa biasa,tapi ya mungkin karena Kun Fa YAkun juga, Joni berkesempatan buat ketemu sama seorang abang yang cukup imut dan berjenggot  bernama Fatan Fantastik.

Aneh kan namanya? Tapi itulah, justru karena sensasi yang beda itu mampu membuat pikirannya melesat jauh ke atas langit melebihi dari setiap langkah yang mampu ia lkukan tiap hari. Abang fatan sambil bawa buku Bikin Belajar Selezat Coklat yang asli bikinannya,berutur dengan indah mengenai indahnya bermimpi.. (Lhooh??? Bermimpi kok indah????) .  Bang Fatan bertutur padanya tentang semangat, keberanian, harapan, dan juga cita-cita.

Subhanallah… bermimpi itu ternyaa memang Indah!! , teriak Joni dalam hati. Keranjingan bener si Joni waktu itu waktu abang Fatan mengajaknya menyelam sedalam samudera yang ada di bumi ini, lalu dengan segera menghempaskannya terbang!! Menuju cakrawala !!! DAARRR!!!!!! MELeSAtlah!!!!

Sekarang, Joni punya temen baru bernama mimpi.  Mimpi-mimpi kecil ia bangun. Belum tau juga nantinya mimpi itu akan jadi seperti kaya apa,tapi… mimpi itu kan HALAL! Lagian, GRATIS pula! Subhanallah… mungkin perkenalannya dengan mimpi itulah yang kini makin bikin si Joni demen sama sebuah keindahan yang tak ternilai. Satu kata untuk menyebut keindahan itu adalah ilmu!
“Ma, mangkat sek!! Assalamualaikum.”

Selalu ucapan itu yang terucap setiap pagi ,setiap Joni mengeluarkan sepeda BMX favoritnya, setiap Joni akan menuju  sekolah setelah sebelumnya mencium tangan lembut nan penuh kasih terurai dari si mami..
“Ya.. ati-ati ya dik..”

Ucap mami sembari melepas menatap jagoannya itu pergi mengayuh sepedanya. Ucapan itu senantiasa menambah semangat Joni untuk menuntut ilmu. Ga jarang, Joni mengulang teriakan pamitnya kalo si mami ga membalas, mungkin karena ga denger, ato lagi masak di dapur. Joni yakin, ada do’a yangt ulus dalam setiap ucapan itu. Ada do’a yang dipanjatkan si mami buat ananda tercintanya itu. Agar Allah selalu menjaganya.

Now, Joni uda beda dari yang dulu. Joni udah tahu apa tujuan dia setiap pagi mengayuh sepeda, masuk ketempat yang itu-itu juga, duduk di bangku itu-itu juga. Bosen kali yee.. gitu-gitu melulu?? Ah! Ga juga. Selaen bakal ada temen-temen yang fantastik, Joni juga paham kalo itu juga buat suatu tujuan, buat dapet ilmu, biar Joni jadi orang hebat yang bermanfaat, n yang jelas… si doi pengen PedeKate sama ehmmm….. ehmmmm sama yang itu.. tuuhh.. sst..!!! doi pengen mendapatkan cinta tertinggi dari Sang Maha Tinggi, keindahan terindah dari Sang Maha Indah Allah Rabbul Jalaali Wal Ikrom!!!

“Aku niat beribadah karena Allah. Ya Allah… berikanlah aku rahmat dan hidayah-Mu, serta ilmu yang bermanfaat. “
Tersenyum deh si Joni sehabis berbisik sekecap doa itu di hatinya. Wush!! Wush!! Dikayuh itu sepeda menuju sekolahnya. Udara sejuk pagi hari menemani perjalanannyaitu. Dan sapa hangat dari mentari pagi yang selalu memberi senyumnya di tepi sawah jalan Doplang.

Hebat!! Tak sia-sia emang. Sejuta keindahan bisa Joni bawa pulang setelah sekolah. Mm… mungkin kayaknya agak terkesan gimana gitu ya.. tp Joni seneng sama semua itu bukan karena dia anak pinter. Joni biasa aja kok di kelas. Nilainya juga kaya lagu dangdut yang sedang-sedang aja.. tapi Joni tau betul, ilmu itu akan membuka  pintu dunia ini buat dia. Artinya, setiap ilmu akan membuka pintu keajaiban dunia n berkata ma doi kalo dunia ini luas! Masih ada keindahan di luar sana yang menanti si doi! (Uww… co cweett..)  tapi jangan salah, kalo ditanya soal nilai,kalo bagus ya Alhamdulillah,kalo “ehm”.. ya..”Ngguyu wae” ( Tertawa saja). Tapi kalo soal menuntut ilmu!!! Hmm!! Si Doi Siap di depan!!

Sekarang, si doi uda berada di ujug waktu masa SMA. Mami n papi pengen Joni biar bisa kuliah yang ga bnyak biaya n langsung bisa dapet kerja seusai kliah. Joni paham betul, kondisi doi emang secara ekonomi pas-pasan. Kalo harus kuliah di tmpt yang mahal, meski eluruh barang di dalam rumahnyadi jual.. kayaknya juga bakal  tetep seret  tuh.

Tapi ga masalah!! Kondisi ky gitu justru makin memacu adrenalin Joni. Joni tetep pengen ngedapetin ilmu seluas-luasnya. Doi ga mau berhenti di satu titik  aja.
“Kayaknya hidup gue bakal lebih indah ni kalo gue bisa punya ilmu yang banyak. Bapak-bapak bos yang ada di sana juga bisa kayak gitu karena punya ilmu. Pak Habibie bisa bikin pesawat juga pake ilmu. Aha! Gue mesti dapet ilmu buat jadi manusia hebat!!”

Joni juga sadar, dengan ilmu itu, doi bisa menguak sejuta keagungan Allah. Keagungan yang Allah lukiskan lewat tinta-tinta kehidupan. Ehm.. kalo soal kerjaan mah, doi Cuma koment kaya gni :
“Setelah melalui beberapa pengamatan, ternyata setiap pekerjaan itu butuh keahlian masing-masing. Ga da pekerjaan yang ga mulia selama itu adalah pekerjaan yang halal. Meskipun pemulung, ga semua orang bisa ngelakuin apa yang dilakuin pemulung. Mereka itu sama saja. Ga beda sama yang lain. Mungkin karena kotor, tapi ga berarti itu hina. Coba aja?? Kalo ga ada orang-orang seperti mereka? Siapa yang bakal ngebersihin sampah-sampah yang di buang ama orang-orang bukan pemulung?  Wah.. ternyata ,selama pekerjaan itu halal, setiap pekerjaan itu hebat!!”
“Jon, kamu kalo kerja, nanti pengen jadi apa?” Tanya mami kepada si Joni.
“Jadi guru mam..!!” jawab Joni.
“Ya udah.. belajar yang rajin ya nak.. biar bisa jadi guru.” Meski mungkin mama menginginkan jawaban yang berbeda, mama tetap tersenyum  atas jawaban Joni.

26 April 2010. Hari yang special buat Joni. Hari itu Joni menerima hasil ujian Negara yang ia kerjakan sebulan lalu. Nggak begitu bagus emang, tapi upyanya itu agaknya mampu membuat mami tersenyum bangga.. ( ciiee!! Ciiee!! ).

Ujian Negara uda lewat, sekarang waktunya prepare university. Antara cita-cita, harapan ortu.. semu bercampur jadi satu. Ortu masih memegang keinginannya yang dulu, Joni pun masih seperti yang dulu pula,yang merasa hidup itu indah ketika disa bisa jadi orang yang berilmu.

Satu PTN dan dua PT kedinasan ia pilih dan dari ketiganya, Joni diumumkan lolos. Semua merasa senang. Tapi, ga semudah itu ternyata. Joni tetep harus milih satu. Keluarganya masih seperti yang dulu. Joni pun masih tetep pengen jadi guru. Bimbang rasanya hati Joni harus memilih. Ia memohon kepada Allah biar dikasih yang terbaek,coz doi sadar,apapun itu,Allah pasti tau yang terbaik.

Suatu siang di terminal  Jombor, Joni berdialog dengan papi yang nampaknya masih ingin Joni di PT kedinasan saja.
“Pa, adik tetep pengen jadi guru. adik milih itu karena adik punya sebuah cita-cita. Adik sejak kecil udah terdidik buat jadi orang  yang ga gampnag nyerah. Kalo toh, memang harus rekasa ,insyaallah adik siap. Adik tau segala resikonya, tapi yang jelas, adik yakin, Allah ga kan pernah menelantarkan umatnya.” Kata Joni.
Melihat keinginan anaknya, papi ga bisa berkata banyak
“Kalo papa lihat.. adik memang cocoknya jadi guru. tapi yang jelas, adik harus bertanggungjawab atas keputusan adik.”

Siang itu, menandakan secara resmi Joni akan meninggalkan PT kedinasannya. Joni sekarang sudah resmi menjadi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Tempat impiannya. Tapi ujian ga berhenti sampe situ. Di tengah jalan, satu lagi PT kedinasan yang diikutinya mengumumkan bahwa dia lolos. Meski Joni udah mantep, tapi kali ini keluarganya makin pengen dia kuliah di PTK itu,
“Udahlah Jon, ga usah kau pikir biaya yang uda dikeluarin. Yang penting sekarang kamu uda dapet tempat yang menjanjian.” Kata kakak Joni lewat sms.

Tapi bukan itu,joni tau tentang apa yang ada dihadapannya. Joni tetap masih ingin meraih mimpinya,karena di dalam mimpinya itu ada sejuta cita,asa,dan harapan. Tapi tetap saja Joni merasa lemas dengan semua ini. apagi tidak hanya keluarga yang berkata kayak gitu. Ga tanggung-tanggung,tetangga sekampung juga setuju dengan keputusan Joni. Tapi, Joni masih bersyukur. Ada mami yang selalu mendukung. Dari situlah, Joni mulai memupuk keberaniannya.

Di sela kebimbangan Joni, Joni bertemu mas fatan lagi di acara tutorial PAIUNY yang kali ini ngasih buku “ BIKIN BELAJAR SELZAT COKLAT “ ke Joni. Wuuw!!! Lumayan chuy!!! Gratieess lhhooch!!. Lagi-lagi bang Fatan mengajarkan tentang ilmu, keberanian,n cita-cita.
“Kalian mau jadi pemenang apa pecundang???”
Itulah pertanyaan bang fatan yang makin memantapkan hati Joni.

Setelah pulang ,dibacan itu buku baru si doi. WWUUSSHH!!!! DAhsyat Choy!! Si Doi langsung merasakan spirit kehidupan dari buku itu. Belum pernah dia baca buku yang punya spirit kaya gitu.
“Hahay.. ini dia.. ada banyak hadis yang pro sama cita-citaku.. nanti kalo simbah bersikeras sama pengen beliau. Tak tunjukin ini semua.. hoho..”
Akhirnya, Joni pulang ke rumah untuk berdiskusi dengan keluarga. Sejak dari Jogja, ia sudah mempersiapkan semuanya n pasrah atas keputusan simbah kakungnya nanti.

Sesampai di hadapan mbah kakung…
“Jon, sudahlah, kamu tetep di Jogja aja..”
Whaatt’sS!!!!
Sungguh diluar dugaan! Simbah ngasih lampu ijo chuy!! Wuuii… senang betul rasanya si Joni. Lengkaplah sudah kini yang ia butuhkan untuk melangkah meraih cita-citanya.
“Rawe-rawe rantas! Malang-malang putung!! Maajjuu!!!!”

Joni makin mantap  dengan apa yang diyakiniya. Terlebih, waktu dia cerita ke gurunya n guruya ngasih komen :
“Udah Mas. Kamu yang manteb aja. Guru itu pekerjaan yang mulia. Soal rezeki,jangan khawatir, yang kaya itu adalah Allah. Dan kamu harus tau, kalo setiap kita menuntut ilmu, malaikat akan selalu mengiringi kita.”
Wuueeww.. adhem bener Joni ngedenger yang kaya gitu…

Ditambah lagi,waktu doi baca “ENAK BENER JADI ORANG PINTER” yang juga bikinan bang Fatan n Mas Dennis. Ada sejuta kedahsyatan ilmu di dalmnya, cerita tentang kehebatan sahabat rasul, Imam Syafii’I,Abu Dzar n lainnya yang makin bikin Joni keranjingan.

YupZ! At the end,..  Joni sekarang lagi stay at Pendidikan Fisikia UNY sesuai keingginannya. N satu yang doi pegang :

“BUKAN NANTI KAMU MAU JADI SIAPA..
TAPI NANTI KAMU MAU NGAPAIN?”
Semoga Joni Jadi Guru yang Mabrur.
Amin.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More